Skip to main content

Teladan Sunan Kalijaga 10 Filosofi Masyarakat Jawa

 Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh..

Selamat sore saudara sekalian,



Baca juga : https://www.gerindradiy.id/2023/01/biografi-prabowo-subianto-menteri.html

Sunan Kalijaga adalah tokoh Wali Songo yang dikenal sebagai salah satu inisiator pembangunan Masjid Agung Cirebon dan Masjid Agung Demak. Beliau juga dikenal berhasil menyertakan pengaruh Islam ke dalam tradisi Jawa, dan dikenal sebagai teladan yang mengajarkan 10 filosofi masyarakat Jawa sebagai berikut:

1. Urip iku urup. Hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain di sekitar kita. 

2. Memayu hayuning bawono, ambrasto dur hangkoro. Manusia harus mengusahakan keselamatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan, serta menghindari sifat angkara murka, serakah, dan tamak. 

3. Suro diro joyo jayaningrat, lebur dening pangastuti. Segala sifat keras hati, picik, angkara murka, hanya bisa dikalahkan dengan sikap bijak, lembut hati dan sabar.

4. Ngluruk tanpo bolo, menang tanpo ngasorake, sekti tanpo aji-aji, sugih tanpa bondho. Berjuanglah tanpa perlu membawa massa, menanglah tanpa mempermalukan, berwibawalah tanpa mengandalkan kekuatan, kayalah tanpa didasari kebendaan. 

5. Datan serik lamun ketaman, datan susah lamun kelangan. Jangan gampang sakit hati manakala musibah menimpa diri, Jangan sedih manakala kehilangan sesuatu. 

6. Ojo gumunan, ojo getunan, ojo kagetan, ojo aleman. Jangan mudah terheran-heran, jangan mudah menyesal, jangan mudah terkejut, jangan manja.

7. Ojo ketungkul marang kalungguhan, kadonyan lan kemareman. Janganlah terobsesi atau terkungkung oleh keinginan untuk memperoleh kedudukan, kebendaan, dan kepuasan duniawi. 

8. Ojo kuminter mundak keblinger, ojo cidra mundak cilaka. Jangan merasa paling pandai agar tidak salah arah, jangan suka berbuat curang agar tidak celaka. 

9. Ojo milik barang kang melok, aja mangro mundak kendo. Jangan tergiur oleh hal-hal yang tampak mewah, cantik, dan indah, jangan berpikir mendua agar tidak kendur niat dan semangat.

10. Ojo adigang, adigung, adiguno. Jangan sok berkuasa, sok besar, dan sok sakti. 

Bagi saya, seluruh sikap yang disampaikan oleh Sunan Kalijaga ini perlu kita pelajari, perlu kita dalami, perlu kita jiwai.

Sumber dari Facebook Upload dari Pak Prabowo Subianto tgl 4-1-2023 jam 17.00wib.



Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian untuk Gerakan Indonesia Raya Menang 2024 Prabowo Presiden, Aamiin. 


Comments

Popular posts from this blog

Bus Untuk Kemenangan Prabowo Gibran DI Yogyakarta

  Setelah Jenderal TNI (Purn.) Subagyo Hadi Siswoyo yang mewakafkan Bus untuk kemenangan Prabowo Gibran di DIY, kini giliran Kader Muda Gerindra  @pujaa_kesumaa  yang melaunching Busman “Bus Kemenangan Mas Lisman”yang siap menjemput Kemenangan Prabowo Gibran di Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Semoga bermanfaat untuk masyarakat Sing Pasti Pasti Wae- #prabowo   #gibran   #prabowogibran   #sufmidascoahmad   #jokowi   #jogja   #yogyakarta   #sleman

Partai Gerindra Pilih Nomor 2 Tetap Semangat

 Assalamu'alaikum wr. wb. Selamat Pagi, salam sejahtera bagi kita semuanya.  Semoga kita semuanya sehat dan tetap semangat. Dari Jogja Istimewa untuk Indonesia menuju Masyarakat Indonesia yang Adil dan Makmur serta Sejahtera.  Nomor Urut tetap nomor 2  Mengapa memilih Prabowo Next Presiden 2024?  10 ALASAN MENGAPA PRABOWO PRESIDEN RI YANG TEPAT MENGHADAPI KRISIS GLOBAL Oleh: Frank Wawolangi   Pada tahun 2023 nanti, semua negara sedang bersiap-siap menghadapi krisis global yang diramal lebih menakutkan daripada ketika dunia diterpa Covid-19. Oleh karena itu masing-masing negara sedang bersiap untuk menghadapi kemungkinan terburuk ditengah keterbatasan modal yang dimiliki. Salah satunya Indonesia.  Meski tertolong oleh sumber daya alam yang melimpah, sehingga Indonesia dinilai banyak pihak akan terhindar dari krisis global tahun 2023. Namun fundamental ekonomi Indonesia belum sustain dan sangat bergantung dari produktivitas China. Dan saat ini China sudah menunjukkan gejala perlambat

Doa Bersama Tim Kampanye Daerah Prabowo Gibran Di Yogyakarta

 Bismillah Doa bersama tim kampanye daerah Prabowo -Gibran di Daerah Istimewa Yogyakarta.  Semua team pendukungnya bersama-sama semua Koalisi Indonesia Maju.  Kemenangan membutuhkan perjuangan bersama.  Team pemenangan Gerindra bolone Pusat.  Video doa bersama untuk tim kampanye daerah Di Yogyakarta.  Semoga lancar semuanya